√ Apa Itu Inode Hosting, Cara Mengecek / Mengurangi Penggunaan Inode

Apa Itu Inode Hosting 2020

Apa yang dimaksud dengan Inode hosting unlimited? Mungkin sebagian besar para pengguna hosting sampai saat ini masih belum tau tentang apa itu Inode hosting, oleh karena itu pada kesempatan kali ini wepotus akan bahas tuntas tentang hal-hal yang berkaitan dengan Inode hosting.

Baiklah, langsung saja silahkan anda simak sharing kita kali ini sampai selesai!

Apa Itu Inode Hosting?

Inode adalah sebuah struktur data yang digunakan untuk menyimpan semua informasi mengenai file di akun hosting Anda, termasuk email, file, folder dan apapun yang Anda upload, buat atau simpan ke dalam server. Jumlah inode menandakan jumlah file dan folder yang Anda miliki.

Advertisement

Struktur data pada inode akan digunakan oleh system untuk mengidentifikasi sebuah file atau direktori. Informasi yang tersimpan pada inode berupa :

  • Tipe file
  • Permission
  • Ownership (termasuk grupnya)
  • Ukuran file
  • atime (Access time), mtime (modified time) dan ctime (change time)
  • jumlah softlinks dan/atau hardlinks
  • ACL / Access control list
Apa Itu Inode Hosting

Oleh manusia, objek dari file system dikenal sebagai nama file atau nama direktori. Sedangkan oleh sistem, objek tersebut dikenal dari inode-nya.

Apa saja yang mempengaruhi jumlah inodes Hosting?

Sesuai dengan penjelasan di atas, jumlah inodes sama dengan jumlah file dan direktori yang terdapat pada satu akun. Jika di dalam akun Anda terdapat 2 direktori dengan 10 file , maka Anda menggunakan 12 inodes. Untuk 3 direktori dan 15 file, maka akan ada total 18 inodes. Dan seterusnya.

Baca Juga : Cara Mengetahui IP Address Wifi Router Melalui PC / Laptop Terbaru 2020

Direktori inode hosting yang dihitung

Hitungan inode akan dilakukan pada home directory akun hosting Anda. File emails, file websites, cache, temporary files yang berada di dalam akun hosting Anda akan dihitung sebagai inode.

Cara melihat jumlah inode pada akun hosting

Pada cPanel, inode dapat dilihat melalui sidebar sebelah kana

Apa yang terjadi ketika penggunaan inode melebihi batas AUP?

Setelah melebihi 75.000, akun hosting akan dikeluarkan dari backup mingguan.

Baca Juga : √ Cara Mengganti Template Blogger Lengkap Untuk Pemul Terbaru 2020

Jika penggunaan inode terus bertambah hingga menyentuh angka 250.000, maka penambahan file tidak dapat dilakukan pada akun hosting Anda dan akan sangat mempengaruhi layanan yang terdapat di dalamnya, termasuk email, website, database, dsb.

Backup Mingguan dinonaktifkan ketika inode mencapai batas tertentu

Pada cPanel, proses backup berjalan dengan cara (1) menyalin file yang akan dibackup ke direktori lain, lalu (2) melakukan compressing data terhadap direktori tersebut. Pada proses compressing data, CPU akan bekerja lebih berat jika jumlah file yang di-compress cukup besar. Sehingga dapat menyebabkan performa server -secara keseluruhan- menjadi menurun.

Cara Mencegah / Mengurangi penggunaan inode melebihi batas

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar penggunaan Inode anda tidak melebihi batas :

  • Kontrol penggunaan file dan folder. Pastikan Anda menghapus file atau direktori dan email yang tidak lagi digunakan.
  • Cek penggunaan cache. Apabila aplikasi website Anda menggunakan cache, pastikan Anda (atau script yang Anda gunakan) melakukan purge/pembersihan terhadap cache yang lama dan tidak lagi digunakan oleh website Anda.

Baiklah, demikian sharing kita kali ini tentang Apa itu inode hosting. Smeoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Terima kasih!

Sumber referensi : rumahweb dan exabytes

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*