Cara Setting & Menggunakan Plugin AMP Google di WordPress

Pengertian AMP Google atau WordPress AMP

Apa Itu AMP Google?  AMP singkatan dari Accelerated Mobile Pages atau laman seluler dipercepat. Fungsinya untuk mempercepat website kita saat di akses di mobile/seluler.

Cara Memasang AMP (Accelerated Mobile Pages) di WordPress

1. Download plugin AMP disini, atau anda bisa melakukan pencarian pada laman dashboard admin dengan keyword “amp”.

2. Lalu aktifkan plugin tersebut.

3. Anda bisa mengatur style warna yang anda inginkan pada Appearance > AMP

cara memasang amp

Plugin ini akan langsung otomatis bekerja.

Untuk mengetahui atau mengecek apakah website kita sudah support AMP atau belum, maka kita bisa mengaksesnya dengan cara menambahkan /amp pada akhir URL artikel anda.

Contoh :

https://namadomain,com/contoh-artikel/amp

Anda tidak perlu untuk melakukan submit ulang ke Google Search Console, Secara otomatis google akan mengindeks website anda jika mendukung untuk tampilan AMP ini. Untuk melihat status index, anda bisa melihatnya pada menu Search Appearance > Accelerated Mobile Pages

cara memasang AMP

Beberapa kelebihan memasang halaman AMP

Berikut ini beberapa kelebihan dari wesbite yang dipasang halaman AMP :

  1. Bagi pengguna wordpress sangat mudah diterapkan, karena hanya tinggal memasang plugin AMP dan melakukan cek validasi, maka halaman AMP bisa langsung ditampilkan.
  2. Note : Walaupun halaman AMP belum terindex google, beberapa pengguna bisa tes langsung dihalaman browser dekstop dengan menambahkan akhiran /amp pada URL blognya.
  3. Situs akan sangat cepat di akses pada tampilan mobile, terutama untuk pembatasan pada bagian yang paling lambat dari teknologi web. Karena untuk memuat halaman web lebih disederhanakan dan minimalis.
  4. Beberapa situs yang memasang halaman AMP akan berkesempatan menduduki peringkat SERP (Search Engine Result Page) yang lebih baik dan ditampilkan pada urutan teratas.
  5. Google akan menambahkan cache untuk halaman AMP sehingga situs dapat dilayani dari server google dengan cepat. Dalam hal ini memberikan efek dan manfaat dari pengguna CDN (Content Delivery Network) yang bersifat gratis. (Sumber : Klikmania)

Demikian sharing saya pada malam hari ini mengenai cara menggunakan atau memasang plugin AMP di wordpress, semoga bermanfaat untuk semuanya. terima kasih.

About the author

Imran Prasetya

Hello, Nama Saya Imran. Saya mulai mendalami internet sejak tahun 2012. Dalam wesbite ini saya berbagi ilmu tentang : SEO, Tutorial Blog/Website, Optimasi Youtube AdSense, CorelDRAW, dan berbagi ilmu komputer.

Add Comment

Click here to post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Berlangganan Blog melalui Email

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Please disable your adblock for read our content.
Refresh