Aturan Jumlah Maksimal Sprinkler Dalam Pipa Cabang – Ilmu Plumbing

0 15

- Advertisement -

Jumlah Maksimal Sprinkler Dalam Pipa Cabang | Dalam pemasangan atau penentuan titik sprinkler terdapat aturan Yang harus kita ikuti agar sistem keamanan gedung bisa maksimal. Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai “batas maksimal jumlah sprinkler dalam pipa cabang”. Silahkan kalian simak selengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Sprinkler?

Sprinkler adalah alat yang berguna untuk memadamkan api secara otomatis,Umumnya sprinkler di pasang pada gedung yang memiliki ketinggan Diatas Lima Lantai / Tempat Yang memiliki fasilitas umum dan memiliki tingkat bahaya kebakaran seperti apartemen,rumah sakit,pabrik dll.

Bagaimana Cara Kerja Fire Sprinkler?

Berikut ini adalah beberapa cara kerja sprinkler yang harus kita ketahui:

  • Saat terjadi kebakaran, api memanaskan cairan yang ada dalam tabung kaca (close-head glass bulb).
  • Apabila panas sudah mencapai suhu tertentu (+/- 68 Celcius) maka tabung kaca akan pecah
  • Setelah tabung kaca pecah, maka air akan keluar dari mulut pipa.

Berapa jumlah maksimal sprinkler dalam pipa cabang?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari salah seorang Enginer Plumbing di salah satu perusahaan Konsultan di Indonesia, diantos mengatakan bahwa batas maksimal jumlah sprinkler salam satu pipa cabang adalah 8 sprinkler.

Hal ini berdasarkan peraturan atau standar dari NFPA yang mengatur mengenai instalasi Fire fighting. Namun dalam penentuan diameter pipa cabang, punya aturan tersendiri apabila jumlah sprinkler dalam suatu cabang lebih dari 8 sprinkler.

Aturan Jumlah Sprinkler Dalam Pipa Cabang

 Aturan jumlah sprinkler dalam suatu cabang yang lebih dari 8 sprinkler yaitu kita harus melewati satu step. Maksudnya?.. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa rumus perhitungan diameter pipa sprinkler yaitu : 25,25,32,40,40,50,50,50,dst. Nah apabila jumlah sprinkler dalam satu cabang nya lebih dari 8 maka rumus perhitungan diameter pipa nya menjadi 25,32,40,40,50,50,dst.

Demikian share sari saya mengenai jumlah maksimal sprinkler dalam pipa cabang, semoga bermanfaat untuk teman teman semuanya. Apabila kalian mendapatkan informasi mengenai aturan terbaru mengenai sprinkler, silahkan kalian bisa sharing disini di kolom komentar dibawah ini!

- Advertisement -

Artikel Terkait :

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.