Jumlah maksimal Sprinkler dalam pipa Cabang

Posted on

Dalam pemasangan atau penentuan titik sprinkler terdapat aturan Yang harus kita ikuti agar sistem keamanan gedung bisa maksimal. Pada artikel kali ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai “batas maksimal jumlah sprinkler dalam pipa cabang”. Silahkan kalian simak selengkapnya dibawah ini!

Berapa jumlah maksimal sprinkler dalam pipa cabang?

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari salah seorang Enginer Plumbing di salah satu perusahaan Konsultan di Indonesia, diantos mengatakan bahwa batas maksimal jumlah sprinkler salam satu pipa cabang adalah 8 sprinkler. Hal ini berdasarkan peraturan atau standar dari NFPA yang mengatur mengenai instalasi Fire fighting. Namun dalam penentuan diameter pipa cabang nya aturan tersendiri apabila jumlah sprinkler dalam suatu cabang lebih dari 8 sprinkler. Bagaimana aturannya? Aturan yaitu kita harus melewati satu step. Maksudnya?.. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama bahwa rumus perhitungan diameter pipa sprinkler yaitu : 25,25,32,40,40,50,50,50,dst. Nah apabila jumlah sprinkler dalam satu cabang nya lebih dari 8 maka rumus perhitungan diameter pipa nya menjadi 25,32,40,40,50,50,dst.

Demikian share sari saya mengenai jumlah maksimal sprinkler dalam pipa cabang, semoga bermanfaat untuk teman teman semuanya. Apabila kalian mendapatkan informasi mengenai aturan terbaru mengenai sprinkler, silahkan kalian bisa sharing disini di kolom komentar dibawah ini!

Gravatar Image
Hello, Nama Saya Imran. Saya mulai mendalami internet sejak tahun 2012. Dalam wesbite ini saya berbagi ilmu tentang : SEO, Tutorial Blog/Website, Optimasi Youtube AdSense, CorelDRAW, dan berbagi ilmu komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *