Radius PFE Berdasarkan SNI dan NFPA

Posted on

Apa itu PFE?

PFE merupakan salah satu alat pemadam api ringan (APAR) yang harus ada di setiap bangunan seperti Hotel, Apartemen, Mall, dsb. PFE berfungsi untuk memadamkan api yang sifatnya ringan. Penempatan PFE sendiri disarankan untuk tidak asal-asalan, karena apabila salah penempatan posisi PFE maka resiko kebakaran yang tadinya bersifat ringan bisa berubah menjadi sangat berbahaya. Oleh karena itu tidak sedikit dari mereka yang akan membuat sebuah gedung selalu menggunakan/meminta bantuan dari konsultan ME (Mechanic Electrical) dalam upaya perencanaan segala kebutuhan yang ada dalam sebuah gedung.

Berapa Radius PFE?

Mengenai radius IHB sendiri, salah satu konsultan tempat dimana saat ini saya bekerja mereka memberikan jawaban yang berbeda-beda. maksudnya bagaimana? maksudnya, sebagian dari konsultan ada yang mengatakan bahwa radius PFE adalah sekitar 20 meter, namun ada juga yang mengatakan bahwa radius IHB adalah sekitar 21 meter, selain itu ada juga yang mengatakan bahwa radius PFE adalah 22,9 meter. ketiga pendapat tersebut mempunyai alasan masing-masing yang semuanya masih bisa di pertanggung jawabkan.

Kesimpulan

Berdasarkan apa yang sudah saya jelaskan diatas, bisa saya ambil kesimpulan bahwa jarak PFE adalah 21 meter – 22,9 meter

Gravatar Image
Hello, Nama Saya Imran. Saya mulai mendalami internet sejak tahun 2012. Dalam wesbite ini saya berbagi ilmu tentang : SEO, Tutorial Blog/Website, Optimasi Youtube AdSense, CorelDRAW, dan berbagi ilmu komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *