Cara Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard Terbaru 2021

0 13

- Advertisement -

Cara Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard bisa dikatakan sudah banyak orang yang men-share nya. Akan tetapi, dalam hal ini tidak ada salahnya juga apabila wepotus membahas kembali tentang teknik mengetik 10 jari pada keyboard.

So, silahkan kalian simak sharing kita kali ini sampai selesai ya 🙂

Bagaimana Cara Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard?

Berikut ini adalah Teknik mengetik 10 jari dijamin 10 hari bisa yang bisa kalian pelajari dengan mudah dan cepat !

Posisi jari tangan kiri pada Keyboard

  1. Tempatkan jari telunjuk untuk menekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  2. Tempatkan jari tengah ntuk menekan tombol huruf D, E, C, dan angka 3
  3. Tempatkan jari manis untuk menekan tombol huruf S, W, X, dan 2.
  4. Tempatkan jari kelingking  untuk menekan tombol huruf A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  5. Dan posisi Ibu Jari untuk menekan spasi, bergantian dengan ibu jari tangan kanan.

Cara Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

Posisi jari tangan kanan pada Keyboard

  1. Tempatkan jari tntuk untuk menekan tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  2. Tempatkan jari tengah untuk menekan tombol huruf  K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  3. Tempatkan jari manis untuk menekan tombol huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  4. Tempatkan jari kelingking  untuk menekan semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  5. Dan untuk ibu jari /Jempol gunakan untuk menekan tombol Spasi, bergantian dengan jempol kanan

Intinya antara jari tangan kiri dan jari tangan kanan tidak saling bersilang posisi, menempatkan jari-jari tangan sesuai area yang sudah disebutkan diatas. Area tangan kanan mulai dari huruf J sampai pada CTRL kanan, sedangkan area posisi tangan kiri dari mulai huruf F sampai dengan tombol windows.

Dalam ilustrasi gambar penempatan tangan pada keyboard diatas, bisa kalian lihat bahwa area tombol yang akan diketik menggunakan jari-jari sesuai warna.

Teks Untuk Menguji Akurasi 10 Jari Pada Keyboard

Disaat kita sudah mengetahui penempatan jari kita di setiap tombol keyboard, maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah menguji ketepatan akurasi jari kita disaat kita mengetik.

Salah satu cara Untuk menguji akurasi / ketepatan jari disaat menekan tombol keyboard yaitu dengan dengan mengetik menggunakan teks-teks yang biasa digunakan dalam pengetikan.

Berikut ini adalah beberapa teks / kalimat yang cukup populer dan biasa digunakan dalam pengetikan yang bisa kalian jadikan sebagai uji coba !

 

- Advertisement -

The quick browns fox jum over the lazy dog
Blowzy red vixens fight for a quick jump

THE QUICK BROWNS FOX JUM OVER THE LAZY DOG
BLOWZY RED VIXENS FIGHT FOR A QUICK JUMP

the quick browns fox jum over the lazy dog
blowzy red vixens fight for a quick jump

The Quick Browns Fox Jum Over The Lazy Dog
Blowzy Red Vixens Fight For A Quick Jump

Beberapa kalimat diatas merupakan kalimat yang biasa digunakan untuk mengukur akurasi penempatan jari-jari tangan pada semua tombol huruf di keyboard komputer. Dan ini juga yang biasa digunakan pada saat belajar mengetik cepat menggunakan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard.

Untuk dapat mengetahui tingkat kecepatan kalian dalam teknik mengetik 10 jari ini, silahkan kalian gunakan waktu dalam uji coba nya ya. 🙂

Akan tetapi, Teks diatas mungkin tidak cocok bila digunakan untuk membiasakan penempatan posisi jari di keyboard pada anak-anak. Khusus untuk anak-anak, Cara Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard nya bisa dengan membiasakan mengetik menggunakan teks-teks pendek sesuai area jari, misalnya mengetik teks-teks pendek dibawah ini;

Contoh teks membiasakan penempatan jari tangan kiri

asd asd asd asd asd asd
Asd asd asd asd asd asd
ASD ASD ASD ASD ASD ASD
Asd Asd Asd Asd Asd Asd

Contoh teks membiasakan penempatan jari tangan kanan

pol kol mio mio kio kio lip
Pol kol mio mio kio kio lip
POL KOL MIO MIO KIO KIO LIP
Pol Kol Mio Mio Kio Kio Lip

Baca juga : Cara Mengganti Kata Yang Salah Di Word 2010 Dalam Hitungan Detik

Baiklah demikian sharing kita kali ini mengenai Cara Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard, semoga bermanfaat untuk semuanya ya. 🙂

Apabila kalian merasa bahwa artikel ini bisa bermanfaat untuk banyak orang, maka silahkan kalian share artikel ini kepada teman kalian yang lainnya ya. Terima kasih 🙂

Baca Juga : Cara Merubah Huruf Besar Kecil Otomatis Di Microsoft Word

- Advertisement -

Leave A Reply

Your email address will not be published.