√ Bacaan Doa Sebelum Tidur Dan Artinya (Arab & Latin) Sesuai Sunnah

Doa sebelum tidur dan artinya – Sebelum kita tidur, alangkah baiknya kita untuk membaca Doa Sebelum Tidur terlebih dahulu.

Silahkan anda simak sharing kita kali ini terkait doa sebelum tidur, √ bacaan doa sebelum tidur arab, √ bacaan doa sebelum tidur latin dan dan arti doa sebelum tidur pada artikel ini.

Ketika hendak pergi tidur, dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur, agar tidurnya dalam perlindungan Allah. Karena ketika kita tidur, kita seolah mati, karena tidur adalah sahabatnya mati.

Advertisement

Seperti yang dianjurkan Rasulullah, ketika hendak tidur kita dianjurkan memanjatkkan doa sebelum tidurNamun selain membaca doa, kita dianjurkan untuk bersuci atau berwudhu dahulu sebelum tidur. Dengan harapan kita dalam keadaan suci ketika tidur.

doa sebelum tidur dan artinya

Rasulullah bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban)

Rasulullah telah mengajarkan doa singkat yang penuh makna, kita pun mungkin sering mendengar dan membacanya sebelum tidur.

Doa Sebelum Tidur Dan Artinya

Berikut ini adalah lafadz atau bacaan do’a sebelum tidur bahasa arab dan latin beserta artinya:

Bacaan Doa Sebelum Tidur Arab

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bacaan Doa Sebelum Tidur Latin

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Arti Bacaan Doa Sebelum Tidur

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Baca Juga : Doa Qunut Subuh, Witir, Nazilah (Latin & Arab) Dan Artinya Lengkap

Makna Doa Sebelum Tidur

Terdapat tiga makna dari doa sebelum tidur, diantaranya ialah sebagai berikut:

A. Tidur saudaranya mati (tidur sama dengan mati).

Rasulullah pernah bersabda:

“Tidur adalah temannya mati.” (HR. Baihaqi, Thabrani dan Bazzar).

Disebut demikian sebab pada waktu kita tertidur, panca indra dan juga kesadaran manusia tal lagi berfungsi, alias sama dengan kondisi mati.

Hanya ada denyut jantung, tarikan napas, serta aspek fisik lain saja yang nampak masih hidup.

Di dalam al qur’an juga dijelaskan mengenai aktivitas tidur, pada ayat di bawah ini:

اَللّٰہُ یَتَوَفَّی الۡاَنۡفُسَ حِیۡنَ مَوۡتِہَا وَ الَّتِیۡ لَمۡ تَمُتۡ فِیۡ مَنَامِہَا ۚ فَیُمۡسِکُ الَّتِیۡ قَضٰی عَلَیۡہَا الۡمَوۡتَ وَ یُرۡسِلُ الۡاُخۡرٰۤی اِلٰۤی اَجَلٍ مُّسَمًّی

Artinya:

“Allah memegang jiwa (orang) pada saat matinya serta (memegang) jiwa (orang) yang belum mati pada waktu tidurnya; maka Ia tahanlah (orang) yang sudah ia tetapkan kematiannya serta Ia melepaskan jiwa yang lain hingga waktu yang telah ditetapkan…”, (QS. Az-Zumar ayat 42).

Ayat tersebut menerangkan jika mati terdapat dua jenis, yaitu:

  1. Bentuk tertahannya jiwa atau ruh seseorang sehingga tak bisa kembali dengan tubuhnya. Yang demikian adalah mati.
  2. Allah melepaskan jiwa atau ruh seseorang dari genggaman -Nya sehingga akan memungkinkan ruh tersebut dapat kembali ke tubuhnya semula. Yang demikian adalah tidur.

B. Pasrah terhadap Sang Pencipta

Doa yang telah kalian lafadzkan di dalam doa sebelum tidur ini mengandung arti yang sangat dalam. Yakni bahwasannya semua kehidupan atau kegiatan yang kalian kerjakan di dunia telah kamu pasrahkan semua terhadap sang pencipta.

Pada saat kita tertidur, kita tak bisa mengerjakan apa pun. Dan pada saat itu bisa saja ada orang yang jahat yang datang lalu membunuhmu. Atau bahkan ada malaikat pencabut nyawa yang hadir untuk mencabut nyawamu. 🙁

C. Pada saat hendak tidur, kita diajak untuk meresapi apa arti kematian dan kehidupan.

Karena sebelum tidur, kita adalah orang hidup biasa yang memiliki panca indra yang hidup. Ketika kita tertidur, maka kita sedang dimatikan sementara oleh Allah SWT.

Maka dari itu, tidur merupakan contoh kematian dari Allah yang diajarkan terhadap manusia di dunia ini agar menjadi pelajaran berharga pada akhirat kelak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*