Penempatan Sprinkler Pendent dan Upright yg benar

Posted on

Penempatan sprinkler baik sprinkler jenis pendent atau upright harus benar-benar diperhatikan. Sebagai seorang konsultan ataupun kontraktor sudah seharus mengetahui dan mempelajari aturan penempatannya. Ini semua dilakukan untuk meminimalkan resiko terjadinya kebakaran yang bisa merugikan banyak pihak.

Apa itu Sprinkler?

Sprinkler adalah salah satu alat pemadam kebakaran yang harus ada di setiap gedung yang memiliki ketinggian lebih dari 9 meter (3 lantai).  namun ada juga bangunan yang memiliki ketinggian kurang dari 9 meter yang menggunkan sprinkler, itu semua tergantung permintaan dari yang punya gedung. Apabila dilihat dari peraturan dinas pemadam kebakaran baik daerah maupun SNI & NFPA, bangunan yang kurang dari 3 lantai tidak harus memakai sprinkler.

Berapa Radius Sprinkler Pendent & Upright?

Sprinkler yang sering digunakan dalam sebuah bangunan hotel atau apartemen ada 3 macam, diantaranya:

  1. Sprinkler tipe Pendent
  2. Sprinkler tipe Upright

Kedua  jenis sprinkler tersebut memiki radius yang sama yaitu sekitar 2,7 meter.

Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benar

Penempatan sprinkler Pendent dan sprinkler Upright yang benar membuat aliran air dalam jaringan fire sprinkler berjalan baik, air yang dipancarkan dari sprinkler tersebut akan maksimal dalam memadamkan kebakaran yang terjadi dalam bangunan tersebut. Sprinkler Pendent bisa dipasang di ruangan yang ada plafon (ceiling) ataupun tanpa plafon (ceiling). Sedangkan Sprinkler Upright dipasang di tempat seperti basement dan diatas plafon. Kedua jenis sprinkler ini mempunyai fungsi yang sama yaitu memadamkan kebakaran yang terjadi dalam sebuah gedung baik hotel, apartemen maupun gedung-gedung yang lainnya.

Penempatan sprinkler yang benar akan meminimalkan resiko terjadinya kerusakan disaat terjadi kebakaran. Oleh karena itu, dalam penempatannya harus benar-benar sesuai Standart NFPA 13 “Installation of sprinkler systems” antara lain mengatur jarak area yang diproteksi. Area maksimal yang dapat dilindungi oleh fire sprinkle tidak boleh melebihi 225 ft2 (21 m2).Sementara jarak sprinkle ke dinding minimal 4 inch (102 mm) dan jarak antar sprinkle yang diukur dari pusat sprinkle tidak boleh kurang dari 6ft (1.8m).

Gravatar Image
Hello, Nama Saya Imran. Saya mulai mendalami internet sejak tahun 2012. Dalam wesbite ini saya berbagi ilmu tentang : SEO, Tutorial Blog/Website, Optimasi Youtube AdSense, CorelDRAW, dan berbagi ilmu komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *