Apakah bisa posisi fire tank berada di Atap?

Posted on

Posisi fire tank menjadi salah satu bagian penting dalam perencanaan instalasi pemadam kebakaran dalam sebuah gedung. Oleh karena dalam penentuan posisi nya pun membutuhkan pertimbangan yang benar-benar matang. Sikap ceroboh/asal-asalan dalam penentuan posisi fire tank akan berdampak pada keamanan gedung tersebut.

 Apakah bisa posisi fire tank berada di Atap?

Pertanyaan seperti ini menurut saya sangat bagus sekali, Kenapa? karena tidak sedikit dari mereka para pekerja di bidang konsultan masih mempertanyaan hal demikian. Oleh sebab itu pada artikel yang saya buat kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan mengenai pertanyaan tersebut.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, salah seorang konsultan mengatakan bahwa sebuah bangunan/gedung dengan resiko tinggi atau high risk, Penempatan fire pump dan tangki utama  selalu berada di lantai paling dasar. Mereka mengambil keputusan tersebut dengan berdasarkan pertimbangan sebagai berikut :

  1. Maksimal pemadaman selama 30 menit disaat terjadi kebakaran. Oleh sebab itu air yang dibutuhkan pun cukup banyak. Dan dengan alasan tersebut akan sangat lebih efisien jika posisi fire tank berada di lantai paling bawah bangunan.
  2. Mengingat pentingnya pemadaman yang terstruktur maka diperlukan sistem yang memiliki resiko yang rendah. Jika kita meletakan tangki di atap maka resiko akan menjadi lebih tinggi
  3. Pertimbangan masalah biaya. Apabila kita meletakan fire tank di bagian atap bangunan, maka struktur bangunan beton akan menjadi lebih besar dan itu akan berdampak ke cost/biaya bangunan struktur
  4. Jika dipaksakan harus diatap bangunan bisa saja di realisasikan tetapi akan berdampak pada cost yang tinggi. dan perlu kepastian perencanaan yang disetujui oleh dinas pemadam kebakaran setempat.

Kesimpulan posisi fire tank

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa penempatan posisi fire tank bisa saja di letakan di bagian atap bangunan akan tetapi akan berdampak pada cost yang tinggi dan dalam perencanaannya pun perlu kepastian yang disetujui oleh dinas pemadam kebakaran setempat.

Gravatar Image
Hello, Nama Saya Imran. Saya mulai mendalami internet sejak tahun 2012. Dalam wesbite ini saya berbagi ilmu tentang : SEO, Tutorial Blog/Website, Optimasi Youtube AdSense, CorelDRAW, dan berbagi ilmu komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *