Toilet Harus Pakai Sprinkler atau Tidak

Posted on

Mi Wepotus.com – Sobat wepotus semuanya, pada artikel kali ini saya akan berbagi pengetahuan kepada teman-teman semua mengenai instalasi pemadam kebakaran pada sebuah gedung baik itu hotel, Vila maupun apartemen. Pada hari hari sebelumnya saya sudah berbagi pengetahuan mengenai ilmu pemadam kebakaran lainnya, bagi teman-teman yang belum melihat nya silahkan klik disini.

Hari kemarin saya mengerjakan sebuah proyek instalasi pemadam kebakaran untuk salah satu hotel yang ada di Jakarta. Kebetulan proyek yang saya kerjakan itu di cek oleh salah seorang konsultan berkebangsaan Jepang. Ketika saya mulai mengerjakan pembuatan gambar instalasi, saya menemukan sebuah toilet yang ukurannya tidak begitu besar. Kemudian saya merasa ragu untuk membuat instalasi dalam toilet tersebut dikarenakan ukuran luas yang tidak begitu besar. Saya pikir, toilet sekecil itu tidak harus dikasih instalasi pemadam dalam hal ini sprinkler. Akan tetapi saya masih ragu dengan pemikiran saya tersebut, dan akhirnya saya bertanya pada Salah seorang ahli ilmu Plumbing di kantor saya. “Pak, toilet sekecil ini harus diberi instalasi sprinkler atau tidak? Karena berdasarkan ilmu yang ketahui, toilet yang harus dikasih sprinkler itu yang luasnya lebih dari 5,3 meter.” Kemudian dia menjawab “karena ukuran toilet tersebut kurang dari 5,3 meter, berarti tidak harus diberi sprinkler. Akan tetapi silahkan saja dikasih terlebih dahulu”.

Toilet Harus dipasang sprinkler atau tidak?

Ketentuan pemasangan sprinkler dalam sebuah toilet adalah apabila toilet tersebut memiliki luas lebih dari 5,3 meter maka silahkan untuk diberi instalasi sprinkler. Namun apabila kurang dari 5,3 meter maka boleh tidak disangka sprinkler.
Demikian sharing saya pada artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, jangan lupa share, like dan beriman komentar anda pada kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah ini ya. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya, salam kenal dan salam sukses selalu dari saya!

Gravatar Image
Hello, Nama Saya Imran. Saya mulai mendalami internet sejak tahun 2012. Dalam wesbite ini saya berbagi ilmu tentang : SEO, Tutorial Blog/Website, Optimasi Youtube AdSense, CorelDRAW, dan berbagi ilmu komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *